Sabtu, 12 Desember 2015

Pengertian Kreativitas


Para pakar bangsa Indonesia diantaranya Mengemukaka batasan tentang kreativitas, antara lain:
a.       Conny Semiawan (1987) : sebagai kemampuan untuk menghaslkan atau menciptakan suatu produk baru.
b.       S.C. Utami Munadar (dalam Alisyahbana, 1983) : sebagai kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru yang memungkinkan untuk mengubah dan memperkaya dunianya dengan penemuan-penemuan di bidang ilmu teknologi, seni maupun di bidang-bidang lainnya.
c.       Selo Sumardjan (1983) : adalah kemampuan yang efektif dalam menciptakan sesuatu yang baru, yang berbeda dalam bentuk, susunan, gaya, tanpa atau dengan mengubah fungsi pokok dari sesuatu yang dibuat itu.
Dari pendapat beberapa ahli kita dapat simpulkan bahwa kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi.
Kriteria kreativitas menurut para ahli psikologi:
a.       Sensitivity to problems, artinya kretifitas dilihat dari kepekaan terhadap masalah yang muncul.
b.       Originality, artinya pemecahan masalah dengan cara baru, bukan meniru pemecahan masalah yang lain.
c.       Ingenuity, artinya adanya kecerdikan dalam pemecahan masalah.
d.       Breadth, artinya ketepatan dalam pemecahan masalah dan berguna.
e.       Recognity by peers, artinya ada pengakuan dari kelompok tentang penemuannya.

Salah satu hal penting dalam kreativitas adalah kemampuan berpikir yang menyebar (divergen thinking) sebagai lawan dari berpikir yang menyatu (convergen thinking). Dalam conergent thinking ada jawaban yang benar dan tepat, sedang divergent thinking dirincikan dengan menhasilkan bermacam-macam alternatif pemecahan yang luas, yang masing-masing merupakan kemungkinan yang masuk akal. Pemikiran menyebar menghendaki cara berpikir yang spontan dan bebas, seperti dalam melamun dan asosiasi bebas, yang menghasilkan berbagai pemacahan masalah atau penemuan. Asosiasi bebas yang digunakan dalam pemecahan masalah secara kelompok disebut Brainstrorming.
Share: