Senin, 14 Desember 2015

Contoh Sintaksis Pembelajaran Pendekatan Saintifik

1.      Materi                         : Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro
2.      Model Pembelajaran   : Cooperative Learning
3.      Metode Pembelajaran  : Think, Pair and Sharing (TPS)
4.      Sintaks Pembelajaran  :

1.      Pendahuluan
a.       Mengucapkan salam dan berdoa (apabila dimulai pada saat jam pertama) sebelum memulai KBM.
b.      Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa laptop dan lcd.
c.       Mengabsen siswa yang hadir dan tidak hadir.
d.      Guru memberi tahu tujuan pembelajaran dari materi yang akan dibahas.
e.       Pada proses ini diberikan waktu 10 menit.
2.      Kegiatan Inti
a.       Mengamati
·         Guru menampilkan suatu kotak kata (text box) yang berisi perbedaan ekonomi mikro dan makro di LCD.
·         Guru memberi perintah untuk memerhatikan apa yang ditampilkan di layar.
·         Guru memberi kesempatan untuk memperhatikan apa yang ditampilkan di LCD.
·         Dalam proses mengamati peserta didik diberikan waktu 10 menit.
b.      Menanya
·         Dibentuk kelompok terdiri dari 2 orang yang saling berdampingan atau berdekatan.
·         Peserta didik diberikan kesempatan untuk mencari sumber referensi dan sharing jawaban tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
·         Dalam proses menanya peserta didik diberikan waktu 15 menit.
c.       Menalar
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menganalisis tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
d.      Mencoba
·         Guru menyiapkan 2 kolom yang bertuliskan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
·         Guru meminta peserta didik untuk maju ke depan untuk menuliskan hasil diskusi kelompok tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

e.       Mengkomunikasikan
·         Guru meminta peserta didik yang telah maju ke depan untuk menjelaskan kepada teman sekelasnya mengenai perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan hadiah sebagai penghargaan peserta didik yang sudah berani ke depan.
b.      Guru menyimpulkan hasil diskusi dan pembelajaran materi secara keseluruhan.
Sebagai tindak lanjut, guru meminta peserta didik agar belajar kembali mengenai materi perbedaan ekonomi makro dan ekonomi makro.


Share: