1.
Materi : Perbedaan Ekonomi
Mikro dan Makro
2. Model Pembelajaran : Cooperative
Learning
3. Metode Pembelajaran : Think, Pair and
Sharing (TPS)
4. Sintaks Pembelajaran :
1. Pendahuluan
a. Mengucapkan
salam dan berdoa (apabila dimulai pada saat jam pertama) sebelum memulai KBM.
b. Guru
mempersiapkan media pembelajaran berupa laptop dan lcd.
c. Mengabsen
siswa yang hadir dan tidak hadir.
d. Guru
memberi tahu tujuan pembelajaran dari materi yang akan dibahas.
e. Pada
proses ini diberikan waktu 10 menit.
2. Kegiatan
Inti
a. Mengamati
·
Guru menampilkan suatu kotak kata (text box) yang berisi perbedaan ekonomi
mikro dan makro di LCD.
·
Guru memberi perintah untuk memerhatikan
apa yang ditampilkan di layar.
·
Guru memberi kesempatan untuk
memperhatikan apa yang ditampilkan di LCD.
·
Dalam proses mengamati peserta didik
diberikan waktu 10 menit.
b. Menanya
·
Dibentuk kelompok terdiri dari 2 orang
yang saling berdampingan atau berdekatan.
·
Peserta didik diberikan kesempatan untuk
mencari sumber referensi dan sharing jawaban tentang perbedaan ekonomi mikro
dan ekonomi makro.
·
Dalam proses menanya peserta didik
diberikan waktu 15 menit.
c. Menalar
·
Peserta didik berdiskusi dengan teman
sekelompok untuk menganalisis tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi
makro.
d. Mencoba
·
Guru menyiapkan 2 kolom yang bertuliskan
ekonomi mikro dan ekonomi makro.
·
Guru meminta peserta didik untuk maju ke
depan untuk menuliskan hasil diskusi kelompok tentang perbedaan ekonomi mikro
dan ekonomi makro.
e. Mengkomunikasikan
·
Guru meminta peserta didik yang telah maju
ke depan untuk menjelaskan kepada teman sekelasnya mengenai perbedaan ekonomi
mikro dan ekonomi makro.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru
memberikan hadiah sebagai penghargaan peserta didik yang sudah berani ke depan.
b. Guru
menyimpulkan hasil diskusi dan pembelajaran materi secara keseluruhan.
Sebagai tindak lanjut,
guru meminta peserta didik agar belajar kembali mengenai materi perbedaan
ekonomi makro dan ekonomi makro.