Jumat, 11 Maret 2016

Definisi Pemasaran

     
 Pemasaran merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis karena dengan pemasaran kita dapat memperkenalkan bahkan menjual suatu produk kita ke masyarakat domestik maupun masyarakat luar negeri.Oleh karena itu saya ingin berbagi tentang ilmu pemasaran yang saya dapat saat kuliah. hehe :)
     
      <div style="border: 1px solid #CCC; margin: 10px 0px; padding: 10px; width: auto; height: auto;; text-align:left;">Pemasara adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial(William Stanton).</div> 

Secara  terperinci, definisi tersebut dapat dipisah-pisahkan ke dalam beberapa urutan berikut ini:
1. Suatu sistem: suatu sistem kegiatan usaha.
2. Dibuat untuk: merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan.
3. Sesuatu yang bernilai: barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan.
4. Untuk kepentingan: pasar, berupa konsumen rumah tangga yang ada dan konsumen rumah tangga potensial atau pemakai industri.

Unsur-unsur penting yang terkandung di dalamnya adalah:
Pertama, definisi sistem dan definisi yang bersifat manajemen.
Kedua, sistem bisnis yang ada harus beorientasi pada pasar atau konsumen. Kebutuhan pembeli harus dipahami dan dilayani dengan efektif.
Ketiga, definisi tersebut menyarankan bahwa pemasaran merupakan suatu proses usaha yang dinamis (proses keseluruhan yang terintegrasi), tidak sekedar menunjukkan penggolongan lembaga dan fungsi-fungsi saja. Pemasaran bukanlah satu kegiatan, ataupun sejumlah kegiatan; melainkan hasil interaksi dari bayak kegiatan.
Keempat, program pemasaran bermula dari suatu ide tentang produk dan tidak berakhir sampai kebutuhan pelanggan terpenuhi.
Akhirnya, definisi tersebut menyatakan secara tidak langsung bahwa untuk mencapai sukses, pemasaran harus bisa memaksimumkan penjualan yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Jadi, pemasran erupakan suatu interaksi yang berusaha untuk menciptakna hubungan pertukaran.
Share: